12 Sekolah Unjuk Kabisa di Jungle








Bogor – Sedikitnya 12 Sekolah Dasar (SD) negeri dan swasta serta sejumlah Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kota Bogor mengikuti perlombaan kesenian angklung dan baca puisi yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) di The Jungle Water Park. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, Rabu-Kamis (18-19/12).

Seperti dijelaskan Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan pada Disbudpar, Susilowaty kepada Jurnal Bogor, lomba angklung yang baru kali pertama digelar ini mendapatkan antusiasme yang tinggi dari pesertanya. Begitu pun untuk lomba baca puisi yang tak kalah meriahnya.

“Lomba seni angklung ini diikuti 12 SD negeri dan swasta, dan 40 peserta puisi dari sejumlah SMP se-Kota Bogor. Semoga lomba angklung yang baru pertama kali diadakan ini bisa terus berkelanjutan,” tuturnya.

Sebagai bentuk apresiasi, kata Susi, untuk juara 1-3 lomba angklung akan mendapatkan uang pembinaan serta trophy dari Disbudpar Kota Bogor. Begitu pun untuk lomba puisi juara 1-3 plus harapan satu dan dua mendapatkan hadiah yang sama plus merchandise dan voucher dari The Jungle Water Park.

Lebih lanjut Susi mengatakan, untuk hari pertama digelar lomba angklung dan di hari terakhir pelaksanaan lomba puisi sekaligus penyerahan hadiah kepada para pemenang.

Kepala Disbudpar Yan Yan Rusmana menambahkan, perlombaan angklung dan ini dalam rangka untuk melestarikan potensi seni budaya asli khas Jawa Barat (Jabar).

“Apalagi kesenian angklung juga sudah jadi bagian warisan budaya dunia, seperti yang sudah diakui oleh Unesco,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Yan Yan juga menyampaikan apresiasinya kepada Kepala Sekolah (Kepsek) yang telah mengirimkan siswanya untuk mengikuti perlombaan angklung dan puisi. Ia juga mengungkapkan penghargaannya kepada manajemen The Jungle yang telah memfasilitasi Disbudpar dengan menyediakan tempat.

Sedangkan General Manager The Jungle Water Park, Zacky Afifi berharap agar perlombaan seni angklung yang merupakan sebagai wujud kecintaan terhadap seni budaya sunda itu dapat tetap terjaga. Apalagi, tambahnya, menyambut HUT wahana air terbaik se-Indonesia itu akan digelar pula upaya pemecahan rekor Muri dengan pemain angklung terbanyak yaitu melibatkan empat ribu peserta.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda