Festival Tari Tradisional



Festival tari permainan anak tradisional tingkat Sekolah Dasar (SD) se Kota Bogor berlangsung di The Jungle BNR Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor Selasa (26//11/2013).

Sekelompok anak-anak ini mementaskan permainan sunda diiringi dengan  tarian yang dikolaborasikan dalam musik tradisional.  Sekitar 10 siswa SD Papandayan ini mementaskan seni ini untuk mengingatkan permainan anak – anak tempo dulu pedesaan.  

Selain trang-trang kolentrang masih banyak lagi permainan  tradisional yang dipentaskan dalam festival yang dihelat oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bogor. Seperti, layang–layang sirama-rama, ngarengkak ibing,  dan oray – orayan.


Festival ini menarik perhatian para pengunjung Jungle, dan undangan yang hadir diantaranya hadir anggota DPRD Kota Bogor Yusuf Dardiri,  Bahkan, Walikota Bogor terpilih Bima Arya Sugiarto yang sengaja menyaksikan pentas menyambut positif terhadap festival tari permainan tradisional tersebut.

Festival lomba tari tradiosional ini di ikuti sebanyak17 kelompok tari dari 17  SD se Kota Bogor. Setiap peserta menampilkan kebolehannya dalam menari permainan tradisional yang sering dimainkan anak-anak tempo dulu.

Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bogor R. Susilowati yang hadir mewakili Walikota Bogor memandang  bahwa festival ini sebagai suatu kegiatan positif.  Seiring dengan  perkembangan teknologi  dan maraknya permainan anak-anak, seperti melalui handpone atau media lain secara tidak langsung telah mengubah pola perkembangan anak-anak, terutama di bidang sosial. 


“Kondisi inilah  yang bisa mendorong anak-anak tidak aktif bergerak dan akhirnya sering dihadapkan pada persoalan obesitas. Sebaliknya, permainan tradisional tidak hanya sekedar sarana hiburan bagi anak-anak, tetapi sebagai sarana bagi mereka untuk bersosialisasi dengan rekan-rekan sebayanya dan aktif bergerak. Sehingga membawa banyak manfaat positif bagi perkembangan anak, baik secara fisik maupun secara psikis," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda