Musik Angklung Bergema, Pengujung Jungle Terpukau

Kamis, 19 Desember 2013 01:07
http://www.kotabogor.go.id/














Alunan musik angklung bergema di area Objek Wisata  The Jungle Bogor Nirwana Residence (BNR) Bogor Selatan  Kota Bogor. Ratusan pelajar Sekolah Dasar di Kota Bogor unjuk kebolehan memainkan alat musik angklung di arena objek wisata tersebut, sejak Rabu (18/12) pagi hingga siang. Kegiatan yang dihelat oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bogor menarik perhatian para pengunjung The Jungle.      Sejumlah pengunjung BNR termasuk Wakil Walikota Bogor terpilih Usmar Hariman yang hadir  terpukau dengan alunan musik angklung yang mengiringi lalu–lagu perjuangan yang dipersembahkan oleh para pelajar SD.

Uniknya pelajar SD yang memainkan musik mengenakan kostum beragam yang sangat menarik seperti mengenakan pakaian ciri khas sunda, pelajar laki-laki mengenakan totopong (ikat kepala) dari kain yang merupakan ciri khas sunda.  



“Kegiatan ini merupakan lomba pengemasan musik angklung yang melibatkan ratusan pelajar 12 SD di Kota Bogor, “ kata Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Kebudayaan dann Pariwisata Kota Bogor R. Susilowati.

Susi mengatakan, lomba pengemasan musik angklung merupakan program  Disbudpar. Tujuannya  untuk  melestarikan, dan mengembangkan  potensi  dari seni budaya khususnya kesenian angklung.

Sementara itu Kepala Dusbudpar  Yanyan Rusmana mengatakan, angklung merupakan alat musik sederhana yang dapat dimainkan secara massal. "Bahkan yang belum pernah memegang angklung pun, seketika bisa memainkannya sesuai petunjuk konduktor," tuturnya.



Lomba ini, kata Yanyan, merupakan suatu kegiatan positif,  tidak hanya memberikan ruang unjuk bakat dan unjuk keterampilan bagi anak-anak, tetapi menjadi bagian dari usaha  Pemerintah Kota Bogor melestarikan budaya.

Apalagi, lanjut Yanyan angklung adalah alat musik tradisional yang sudah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia, sehingga wajib melestarikan seni musik angklung

Yanyan menyebutkan, alat musik tradisional seperti angklung merupakan salah satu identitas bangsa yang harus dilestarikan. Keterampilan memainkan alat musik tradisional ini wajib diwariskan kepada generasi muda. “Jika hal ini tidak dilakukan, maka bisa dipastikan alat-alat musik tradisional ini bisa punah atau hanya dijadikan sekedar pajangan souvenir di masa yang akan datang, “ imbuhnya. (yan/lan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda